Top 10 Summer Anime 2016

Berikut adalah Top 10 dari seri anime pada Summer 2016 versi FunAniLovers

10. Qualidea Code


Image result for qualidea code

Genres : Action, Supernatural, Magic

Menceritakan dunia manusia yang diserang oleh sekelompok makhluk yang disebut “unknown”. Anak – anak yang telah tertidur selama beberapa waktu di fasilitas tertentu selama invasi “unknown” terbangun dan menyadari bahwa masing – masing dari mereka memiliki kekuatan misterius. Terbentuklah beberapa pasukan dari 3 kota besar yang berbeda, Tokyo, Kanagawa dan Chiba untuk melindungi teritori mereka.
FYI, anime ini ditulis oleh 3 penulis light novel yang terkenal, Koushi Tachibana, Sou Sagara, dan Wataru Watari plus dibawah naungan studio A-1 Pictures, jadi ya mungkin kamu bisa berharap tinggi sih dengan ini anime. Tapi, jangan berharap banyak terhadap kualitas dari animasinya karena menurut saya sendiri, kualitasnya sangat mengecewakan untuk seukuran anime besar seperti ini. Tapi tetep layak kok buat ditonton. Ceritanya menarik, beberapa klimaks yang menegangkan, serta plot twist yang tak terduga yang mungkin aja sih uda bisa kamu tebak.
 
9. Rewrite



Genres : Action, Comedy, Supernatural, Romance, School

Tennouji Kotarou adalah murid SMA di kota Kazamatsuri yang memiliki kemampuan “Rewrite”, kemampuan yang mampu menulis ulang kekuatan fisiknya. Suatu hari, dia di undang oleh ketua klub penelitian hal gaib, Akane Senri untuk membantunya membangun kembali klub tersebut yang sudah lama mati. Kotarou berusaha mengajak orang – orang untuk bergabung ke dalam klub tersebut. Namun, siapa sangka orang – orang yang dikenal Kotarou selama ini ternyata memegang suatu rahasia besar yang tidak diketahuinya.
Anime ini diadaptasi dari visual novel dan menjadi populer saat perilisannya. Mungkin perbandingan cerita dengan game akan sangat berbeda di beberapa segi, jadi bagi yang merasa ada yang kurang dari cerita Rewrite, mungkin kalian bisa mencoba gamenya, ya meskipun saya sendiri bahkan belum sama sekali mencoba gamenya, LOL. Menarik untuk dilihat, komedinya dapet, dan entah kenapa kalian akan merasakan perasaan yang sama seperti saat menonton Clannad, Kanon (2006), dan sejenisnya. 

8. Arslan Senki – Fuujin Ranbu



Genres : Action, Drama, Adventure, Historical, Supernatural, Fantasy, Shounen

Seri sekuel dari Arslan Senki, dimana saat pasukan Arslan berhasil merebut Benteng Saint Emmanuel, mereka kembali ke Benteng Peshawar untuk menyerang kembali pasukan Turan yang berusaha merebut Benteng Peshawar. Nasib buruk bagi Arslan ketika ayahnya yang merupakan Raja Pars datang ke Benteng Peshawar setelah berhasil kabur dari penjara dan mengusir Arslan secara tidak langsung dengan memberinya tugas berat, yaitu mengumpulkan pasukannya sendiri sebanyak 50.000 pasukan dan tidak boleh kembali sebelum perintah tersebut diselesaikan.
Sangat mengecewakan ketika melihat seri sekuel ini hanya dijatah cuma 8 episode, padahal cerita lanjutannya masih tetap seru, terutama ketika akhirnya Arslan dkk mulai melaksanakan rencananya di lokasi baru yang lebih banyak melibatkan perairan. Berharap banyak deh semoga seri ini dapet sekuelnya lagi.
   
7. Orange


Image result for orange anime
Genres : Sci-Fi, Drama, School, Romance, Shoujo

Takamiya Naho mendapatkan surat yang tidak dikenal ditujukan untuknya. Setelah diteliti dan dimengerti, ternyata surat tersebut dikirim oleh dirinya 10 tahun di masa depan, tepatnya ketika umurnya 26 tahun. Surat tersebut berisi penyesalan - penyesalan yang di alami Naho selama ini dan berharap dirinya yang 16 tahun bisa memperbaiki penyesalan tersebut. Dan yang paling utama adalah dia harus memperhatikan murid baru, Naruse Kakeru, dan selalu berhati - hati dalam membuat keputusan mengenai Kakeru, dimana faktanya Kakeru sudah tidak bersama mereka lagi di 10 tahun kedepan.
Hmm... Cerita yang penuh drama. Campuran school life ditambah dengan bumbu – bumbu supernatural-nya, namun fokus utama dari cerita ini sih lebih ke hubungan yang dijalin dari setiap karakter demi menyelamatkan Kakeru. Hanya 1 yang dapat saya katakan, Kakeru itu karakter yang ngeselin.

6. Kono Bijutsubu ni wa Mondai ga Aru!


Image result for kono bijutsubu niwa mondai ga aru anime

Genres : Comedy, Romance, School

Menceritakan kehidupan sehari – hari dari klub seni dimana para anggotanya memiliki kepribadian yang unik dan benar – benar tidak serius dalam melakukan kegiatan klubnya. Usami Mizuki adalah siswi SMA 2 yang normal dan benar – benar menjalani kegiatan klub seninya dengan serius dan selalu kewalahan mengatasi anggota – anggota lainnya. Ada Uchimaki Subaru, siswa SMA 2 dan seorang otaku yang ahli dalam menggambar/melukis, namun fokus utamanya adalah karakter favorit 2D-nya, Collete yang jarang sekali hadir dalam kegiatan klub, dan si ketua klub yang tidak pernah melakukan aktivitas klub dan hanya selalu tidur di ruangan.
Well, another rom-com anime again. Sifat dan interaksi dari setiap karakter benar – benar menarik, terutama antara hubungan Mizuki dan Subaru yang membuat kita geli – geli sendiri. Ga perlu banyak mikir buat ditonton, jadi cocok dah buat kamu yang suka anime – anime ringan gitu.


5. New Game !


Image result for new game anime

Genres : Slice of Life, Comedy

Setelah tamat SMA, Suzukaze Aoba langsung melamar kerja di sebuah perusahaan Eagle Jump, perusahaan yang memproduksi game favoritnya, Fairies Story. Dia ditempatkan di bagian character design dibawah pimpinan Yagami Kou. Bersama rekan – rekan lainnya, mereka berusaha membuat game sekuel yang ternyata game favorit Aoba, Fairies Story 3.
Nah, salah satu anime yang mengajak para penonton untuk berbagi rasa bagaimana suka dukanya dalam memproduksi suatu game. Alur cerita yang menarik, apalagi jarang - jarang melihat tipe anime yang seperti ini. Tiap karakter dengan sifat dan interaksinya yang unik, komedinya juga dapet, grafis juga ga kalah bagus.


4. Handa-kun


Image result for handa kun wallpaper

Genres : Slice of Life, Comedy, Shounen

Handa Sei adalah seorang siswa SMA yang dibenci oleh murid sekitar yang nyatanya adalah, dia adalah orang yang terkenal di kalangan anak SMA. Disukai oleh para gadis, disenangi oleh para laki – laki, bahkan ditakuti oleh preman – preman disekitarnya. Ahli dalam kaligrafi, tampan dan juga berkepribadian yang baik. Namun, karena kesalahpahaman yang terus - menerus akibat pemikiran Handa yang terlalu negatif, dia merasa menjadi korban bully di sekolahnya dan bertekad untuk tidak berteman dengan siapapun.
Seri ini bisa merupakan prekuel dari Barakamon yang menceritakan kehidupan Handa semasa SMA. Kalau kamu pernah menonton Barakamon maka  di sini kamu akan mengerti kenapa kepribadian Handa seperti itu. Salah satu anime yang sangat saya rekomendasikan buat kamu penggemar anime komedi dengan cerita yang ringan. Meskipun ada masanya kamu akan sangat kesal karena misunderstanding yang ada di pikiran Handa, tapi kamu akan menjadi orang yang sangat aneh apabila kami tidak tertawa saat menontonnya.

3. Mob Psycho 100


Image result for mob psycho 100

Genres : Action, Slice of Life, Comedy, Supernatural

Kageyama Shigeo a.k.a Mob adalah anak SMP yang memiliki kekuatan psikis atau biasa disebut esper. Walaupun dia seorang esper, tetapi dia lemah baik di fisik maupun akademik. Dia dibimbing oleh Arataka Reigen, yang ngaku - ngaku memiliki kekuatan roh juga mentor tempat dia bekerja sampingan. Dia juga yang mengajarkan ke Mob kalau kekuatan psikis itu tidak boleh sembarangan digunakan, apalagi terhadap manusia. Mob pun menjalani hari - harinya dengan memikirkan akan jadi apa dia kedepannya dengan kekuatan psikis tersebut.
Oke, sepertinya One Punch Man dengan ini anime memiliki banyak kesamaan. Sama – sama diremehkan, nyatanya mereka punya kekuatan yang gila. Ya namanya juga satu author kali ya. Anime yang sama sekali tidak memperhatikan tingkat “kecantikan” dari setiap desain karakter, tapi disuguhkan dengan grafis action yang mencengangkan.

2. Shokugeki no Souma – Ni no Sara


Image result for shokugeki no souma ni no sara

Genres : Ecchi, School, Shounen

Seri sekuel dari Shokugeki no Souma, kali ini menceritakan para murid yang berhasil lolos seleksi turnamen musim gugur saling bertanding untuk turnamen selanjutnya dan Souma bertemu dengan lawan – lawan yang kuat. Selain itu seri ini juga menceritakan para murid Totsuki, termasuk Souma, yang menjalankan masa Stagiaire, dimana mereka ditempatkan di restoran – restoran tertentu untuk bekerja dan membantu pihak restoran.
Yah, tidak perlu banyak basa – basi kali ya, emang dari musim lalunya anime ini udah jadi salah satu anime yang sangat direkomendasikan kok. Saya sendiri yang masih terus mengikuti manga­­-nya juga tidak pernah bosan untuk melihat ulang animenya. Ceritanya yang masih tetap menarik, melihat Souma terus membungkam lawannya dengan masakan supernya.   


1. ReLIFE


Image result for relife anime

Genres : Slice of Life, Romance, School

Kaizaki Arata, umur 27 tahun dan pengangguran. Alasan dia masih menanggur adalah karena masalah yang dialaminya di tempat kerjanya yang lama dan terpaksa harus keluar dari pekerjaannya, walaupun dia baru saja bekerja di sana selama 3 bulan. Hal itu membuatnya sulit untuk mencari pekerjaan karena surat lamarannya yang buruk. Namun, hidupnya berubah setelah dia bertemu dengan Yoake Ryo, orang dari laboratorium ReLIFE. Dia merekrut Arata sebagai bahan uji percobaan ReLIFE dimana biaya hidup Arata akan ditanggung oleh program tersebut dengan syarat :  Arata akan kembali menjadi murid SMA ditambah dengan tubuhnya yang kembali memuda seperti murid SMA.
Sepertinya sih ga jauh berbeda dengan cerita school life pada umumnya. Nyatanya, alur cerita dari anime ini sama sekali tidak membosankan. Ceritanya yang rasanya anti-mainstream dimana orang dewasa yang kembali menjadi murid SMA harus bisa berbaur dengan murid SMA lain yang faktanya lebih muda dari dia. Alur ceritanya juga tidak jauh berbeda dengan manga. Komedinya yang ngena ditambah bumbu – bumbu romance, sepertinya saya ga salah sih mengkategorikan anime ini menjadi salah satu anime terbaik pada musimnya. 



Anime favoritmu di Summer 2016 ga ada di list atas? Yuk bahas di komen..!  

Ditulis Oleh : Rinaldo Irawan // 09.37
Kategori: