Amagami SS [Review]



Tutturu~ Halo, guys. Wah uda 2 minggu lebih juga ga ngepost lagi ya. Maklum, lagi sibuk di dunia nyata (Yang nanya siapa tong...). Baiklah kalau begitu. Di post saya sebelumnya, saya janji bakalan ngereview Amagami SS. Karena sebagai manusia yang bertanggungjawab, maka saya penuhi janji tsb, hohoho.. Uhuk".. Tanpa basa - basi lagi, yuk di simak.



Amagami SS adalah sebuah serial anime yang diadaptasi dari visual novel dengan melibatkan sang ilustrator, Kisai Takayama yang juga merupakan ilustrator dari visual novel seperti Amagami : Precious Diary, Kimikiss, dan True Love Story. Selain itu, Kisai Takayama juga terlibat dalam pembuatan serial anime yang sedang ongoing tahun ini, Seiren. Amagami SS memiliki serial sekuelnya, yaitu Amagami SS+ Plus dan beberapa OVA dan special episode. 



Hayuk, kita liat sinopsisnya :


the six angles...

Genre ; Slice of Life, Comedy, Romance, School

Menceritakan kehidupan seorang cowok SMA, Tachibana Junichi dimana dia mengalami kegalauan mendalam karena 2 tahun yang lalu cewek yang dia ajak untuk berkencan tidak kunjung hadir di tempat perjanjian di malam sebelum natal. Di cerita ini, dia mendekati ke 6 main heroine yang masing - masing memiliki latar belakang berbeda dan hubungan yang berbeda pula dengan Junichi. 
Ada Morishima Haruka, si gadis yang elegan dan periang merupakan cewek tercantik dan kakak kelas di SMA Junichi, Tanamachi Kaoru, si gadis tomboy sekaligus teman dekat Junichi, Nakata Sae, si gadis pemalu oppainya paling gede uwoooo!! juga adik kelas Junichi, Nanasaki Ai, si gadis mandiri juga adik kelas Junichi, Sakurai Rihoko, si gadis yang hobi makan dan juga teman masa kecil Junichi, dan terakhir, Ayatsuji Tsukasa, si gadis paling rajin juga temen sekelas Junichi, sekaligus ketua kelas dan ketua OSIS.  Bersama Junichi, masing - masing heroine menjalin hubungan denganya. 



Saya akui, anime ini tidak pernah bosan saya liat berkali - kali karena ceritanya yang menarik dan nuansa romance-nya yang bagus, berhubung saya juga penggemar anime dengan genre romance. Bahkan saat ngepost blog ini juga saya terlena ketika mengulas kembali beberapa episode dari Amagami. ( lah, emang ada yg nanya, tong? ). 
Yang membedakan anime ini dengan anime yang lain adalah sistem alur ceritanya yang mirip seperti Photokano atau Yosuga no Sora. Yepp, Omnibus Format. Saya tidak akan menjelaskan lagi ya apa itu Omnibus Format karena di post sebelumnya juga saya uda pernah bahas. Kalau ingin tau, bisa kunjungi di sini. Masing - masing dari heroine dijatah 4 episode ditambah 1 episode penutup namun dengan heroine berbeda, yaitu Kamizaki Risa. Serasa kayak cewek sampingan yah, namun dia sendiri juga punya peran dan hubungan penting dengan Junichi. 

  
from left to right : Haruka, Rihoko, Tsukasa, Sae, Ai, Kaoru


Seperti yg saya katakan, anime ini menggunakan alur cerita dengan Omnibus Format. Masing - masing heroine memiliki cerita tersendiri dengan Junichi dan heroine lainnya hanya menjadi figuran ketika bukan menjadi titik fokus. Meski begitu, 4 episode sudah cukup untuk menjelaskan berbagai cerita di masing - masing heroine. Masih belum puas? Ada Amagami SS+ Plus, sekuel dari Amagamis SS dengan masing - masing heroine dijatah 2 episode plus 1 tambahan episode yang menceritakan adik perempuan Junichi yg pergi ke pemandian bersama gadis - gadis lain. Pace dari cerita juga tidak tergesa - gesa, tidak ada unsur ngebut oi, entar ceritanya ga keburu, rush-nya. Cerita yang disajikan sangat bagus dengan nuansa romance-nya yang kental, ditambah masing - masing heroine berakhir berpacaran dengan Junichi ( damn you, Junichi..) bahkan beberapa diantaranya sampai udah menikah dan punya anak. Diselingi dengan komedi - komedi yang konyol dan beberapa scene yang rasanya agak menggelikan, anime ini layak untuk ditonton.



  
hey, ladies...

Sifat tiap heroine beragam dan masing - masing memilki keunikan tersendiri sehingga kita tidak akan bosan melihat perkembangan ceritanya. Tiap heroine juga mempunyai setidaknya satu teman dekat yang selalu setia bersama mereka. Dari sinilah kita bisa menentukan mana yang menjadi gadis favoritmu, yah meskipun akan menjadi sangat mustahil untuk menjadi milikmu.


 
Who will you choose?


Ada Haruka, yang merupakan gadis tercantik, terpopuler, namun agak eksentrik yang menggemari hal - hal imut, terutama anak anjing bahkan menganggap mata Junichi seperti anjing yang lucu. Kaoru yang tomboy, namun bisa menunjukkan sisi dere-nya juga seorang pekerja paruh waktu di keluarga restoran dan beberapa tempat lainnya. Sae yang pemalu oppainya gede astaga yang berusaha agar menjadi lebih pemberani dan ekspresif dibantu oleh sang instruktur, Junichi. Ai yang memprioritaskan adiknya dan berusaha keras di klub renang juga menjadikan Junichi sebagai tas belanjaan bahan masakan, lol. Rihoko yang hobi ngemil dan berusaha diet namun layaknya cewek - cewek di dunia nyata, diet menjadi hal yang sulit. Tsukasa yang aktif di sekolah, ternyata memiliki kepribadian asli yang sangat tidak diduga dan menyeramkan. Dari setiap heroine, hanya Tsukasa-lah yang membuat saya ternganga tak percaya melihat perubahan sifat yang cukup dalam pada dirinya. Ada yang kelupaan kah? Yak ada satu heroine lagi yang belum dibahas, yaitu Kamizaki Risa. Risa ternyata adalah teman masa kecil Junichi dan seorang stalker yang mengikuti kemanapun Junichi. Tetapi, berkat dia, Junichi terhindar dari hal yang mengerikan. Ingat dengan kasus Junichi yang ceweknya engga datang - datang pada saat kencan? Itu adalah ulah Risa yang membohongi cewek tsb dengan mengubah tempat pertemuan Junichi dengan dia. Karena Risa tahu bahwa cewek tersebut ingin memutuskan hubungan Junichi disitu juga dan menjadikan Junichi sebagai bahan tawaan. Hmm, leh uga.. Tau apalagi yang paling menyedihkan? Dibutuhkan sekuel agar Rihoko dan Junichi akhirnya bisa mengungkapkan perasaan mereka masing - masing, pfftt..


the best girl? Nah, the choices is yours...


Untuk kualitas animasi ya cukup standart deh ya sebagai anime yang hanya menampilkan keseharian di sekolah, di rumah dll. Tidak terlalu detil namun tidak berpengaruh dengan bagusnya anime ini. Toh, sampe akhir ditonton juga sangat tidak banyak ditemukan kecacatan. Pewarnaan juga sesuai, background juga bersih dan untuk kualitas sebagai anime 2010, kesuluruhannya sudah cukup memuaskan. 



 
One of the favorite anime in 2010...

Secara keseluruhan, anime ini sangat direkomendasikan bagi kamu penggemar romcom. Disuguhi dengan cerita yang bagus, sifat karakter yang unik, dan kualitas yang baik, anime ini sangat layak ditonton.  Ada yang mau nambahin? Atau ada yang mw ngebahas heroine favoritnya? Atau ada scene favorit? Yuk, bahas di komentar.
  

Ditulis Oleh : Rinaldo Irawan // 09.44
Kategori: