Top 10 Fall Anime 2016

Berikut adalah Top 10 dari seri anime pada Fall 2016 versi FunAniLovers : 

10. Yuri!!! On ICE


Image result for yuri on ice

Genres : Comedy, Sports

Katsuki Yuuri dulunya adalah seorang skater terkenal, namun terpaksa harus mundur karena kekalahannya di Grand Prix Finale. Niat untuk menjadi pemain sukses pun menjadi hilang dan sekarang hidupnya telah dicurahkan untuk cintanya terhadap daging sehingga tubuhnya bertambah gemuk. Namun, Nikiforov Victor, seorang seorang skater yang 5 kali juara tingkat dunia menonton rekaman Yuuri dan menawarkan dirinya menjadi mentor. Disinilah Yuuri mulai kembali berusaha kembali ke dunia Skating dan tidak mensia-siakan usaha Victor.
Oke, jujur aja saya sendiri belum ngabisin episode anime ini karena... you know lah dan akhirnya saya drop seri ini. Karena genre seperti itu benar – benar bukan favorit saya. Bukan karena emang saya ngikut – ngikut kata orang, karena saya sendiri udah nonton seri ini, tetapi karena ada unsur yaoi lah yang membuat saya stop ngikuin anime ini. Tapi saya akui, seri ini sepertinya memiliki cerita yang bagus mengenai dunia skating, kualitas animasi yang halus dan indah, opening dan ending yang masih tetap terngiang di kepala karena enak didengar,komedi – komedi garingnya yang lucu, namun sayang ternyata target pasar Yuri!!! On ICE bukanlah untuk kaum lelaki. Andai kata unsur yaoi dalam anime ini tidak ada, mungkin anime ini sudah menjadi favorit saya. Well, mungkin bagi kamu yang orangnya maso dan masih bisa nonton meski ada unsur menjijikan tersebut, anime ini sangat direkomendasikan.


9. Watashi ga Motete Dousunda


Related image

Genres : Harem, Comedy, Romance, School, Shoujo

Serinuma Kae adalah seorang fujoshi berat dan selalu mengidolakan pasangan lelaki di kelasnya. Karena dia bertubuh sangat gemuk, dia kerap selalu diejek oleh teman – temannya, terutama kalangan lelaki. Insiden terburuk baginya pun terjadi dimana salah satu karakter favoritnya di anime diceritakan telah mati. Dia pun menjadi stress berat dan mengurung diri selama seminggu. Siapa sangka hasil mengurung dirinya membuat dia kehilangan berat badan dan menjadi gadis yang cantik. Tentu saja hal itu membuat para lelaki menjadi agresif, namun Kae harus bertahan bukan dari godaan lelaki, namun godaan dari untuk memasangkan para lelaki untuk memuaskan sisi fujoshi dalam dirinya.
Well, sebenarnya saya sendiri kurang tertarik dengan reverse harem seperti seri ini, namun mengingat Akatsuki no Yoona, Amnesia, dan lain – lain memiliki cerita yang bagus dan tidak membosankan meskipun berbeda genre, mungkin saya bisa berekspetasi banyak pada anime ini. Nyatanya, anime ini tidak mengecewakan. Alur cerita yang biasa, ekspresi Kae yang cukup kocak dan komedi yang ngena, mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk genre reverse harem.


8. Fune wo Amu


Image result for fune wo amu

Genres : Slice of Life, Drama, Romance

Departemen Editorial Kamus di Penerbit Genbu berada dalam masalah. Araki Kouhei yang merupakan pekerja tetap di departemen tersebut terpaksa harus pensiun menjadi pekerja tetap. Namun, sebelum dia pensiun, dia harus mencari orang yang benar – benar bisa bersabar, berdedikasi tinggi, dan mampu mendalami kata – kata. Profesor Matsumoto awalnya ragu akan adanya orang seperti itu, namun ternyata Araki benar - benar menemukan orang tersebut berkat bantuan Nishioka Masashi. Majime Mitsuya yang berada di divisi pemasaran, adalah harapan dari Araki dkk untuk dapat menjalankan proyek baru mereka : Kamus baru berjudul “Daitokai (The Great Passage)” .
Kebayang engga sih kalo misal kamu disuruh mengartikan kata yang sangat simpel namun nyatanya cukup sulit mengartikan kata tersebut ? Begitulah inti dari anime ini. Proses pembuatan kamus, apalagi kamus tersebut haruslah bisa mengikut zaman, bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh waktu bertahun – tahun untuk dapat menyelesaikan Daitokai. Itulah mengapa orang seperti Mitsuya yang mencintai kata – kata sangatlah langka. Cukup enjoyable untuk ditonton, apalagi melihat kisah romantis Mitsuya yang selama ini selalu menjomblo.


7. WWW. Working !!


Image result for www working

Genres : Slice of Life, Comedy

Ketika perusahaan ayahnya bangkrut, Higashida Daisuke terpaksa harus mengambil pekerjaan sambilan untuk menutupi biaya sehari – harinya yang biasa dibiayai oleh ayahnya. Dia memutuskan untuk bekerja di restoran Wagnaria. Dan ternyata para pekerja yang di restoran tersebut memiliki sifat yang beragam dan unik. Ini adalah cerita sehari – hari para pelayan di Wagnaria yang melayani para pelanggan.
Ah, membuat saya kembali ingin nge-rewatch seri Working!! sebelumnya. Karakter yang berbeda bukan berarti ciri khas dari cerita sehari - hari Wagnaria akan berbeda. Tetap konyol seperti Working!! pada umumnya. Cerita dari tiap karakter dan sifat – sifat unik tetap akan membuat kita tertawa gila. Namun ada satu hal yang tetap sama. Main heroine, Miyakoshi Hana punya hobi yang sama seperti Inami Mahiru : hobi nonjok orang. Perbedaan yang paling mencolok? Main hero, Daisuke masih lebih normal ketimbang Takanashi Souta. Manajer di Wagnaria pada seri ini juga lebih “lemah” dibanding seri Working!! yang lalu – lalu.   


6. 3-gatsu no Lion


Image result for 3-gatsu no lion

Genres : Game, Slice of Life, Drama, Seinen

Mendapatkan gelar pemain pro di duna shogi saat SMP mungkin merupakan hal yang menakjubkan bagi Kiriyama Rei. Namun, hal tersebut malah menjadi tekanan bagi dia, baik dari komunitas shogi maupun keluarga yang mengadopsinya. Agar tidak memberatkan keluarganya, dia memutuskan untuk berpisah dengan keluarganya dan hidup sendiri di suatu apartemen. Hidupnya menjadi tidak teratur. Tetapi, semua berubah ketika dia bertemu dengan trio kakak beradik, Akari, Hinata, dan Momo. Trio kakak tersebut yang tinggal dengan kakeknya selalu menerima Rei dan menjaganya serta merawatnya. Perlahan mereka mulai saling mengerti dan menganggap keluarga satu sama lainnya.
Kesan pertama saya ketika menonton ini adalah kamu dibuat seperti membaca novel namun ditambah dengan gambar bergerak. Monolog dari Rei yang terlalu banyak menjadi cukup membosankan, namun semakin lama alur cerita menjadi semakin menarik. Meskipun yang mengadaptasi anime ini adalah Shaft, mereka berhasil menjaga desain dari karakter menjadi tetap apa adanya dengan kualitas yang diperindah lagi dengan bumbu ala Shaft. Cukup enjoyable untuk ditonton.  


5. Ajin S2


Related image

Genres : Action, Mystery, Horror, Supernatural, Seinen

Sekuel dari Ajin sebelumnya. Menceritakan Nagai Kei yang merupakan seorang Ajin namun memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan Ajin yang lain. Kali ini dia dan Nagano Kou bekerja sama dengan Tosaki Yuu yang merupakan salah satu Badan Penanggulangan Ajin untuk menghentikan Satou yang terus meneror jepang. Satou sendiri yang berbuat seperti itu untuk bersenang – senang, mengancam dan meminta pemerintah untuk menyerahkan Jepang kepadanya.
Ceritanya semakin memuncak, dan yang lebih menarik adalah melihat Kei dengan Tosaki yang bekerjasama. Yang pasti, Satou menjadi penjahat favorit saya. Mungkin ini orang jadi penjahat yang paling sulit ditundukkan kali ya meskipun saya sendiri ingin banget ngeliat dia bener – benar kalah.      

4. Drifters


Image result for drifters

Genres : Action, Adventure, Comedy, Historical, Samurai, Fantasy, Seinen

Berkisah di zaman Pertempuran Sekigahara tahun 1600, Shimazu Toyohisa terlibat dalam pertempuran dan berhasil melukai salah satu jendral perang, Ii Naomasa dan terpukul mundur, namun, berakhir dengan Toyohisa terluka sangat parah. Berjalan ke arah hutan sambil bercucuran darah, tiba - tiba dia sudah berada di suatu koridor aneh yang penuh dengan berbagai macam pintu dan di tengah koridor tersebut dia bertemu dengan seseorang dan tanpa basa - basi langsung mengirimnya ke dimensi lain. Di dimensi tersebut dia bertemu dengan orang - orang yang terkenal di masanya, Oda Nobunaga dan Nasu Suketaka Yoichi. Orang - orang ini, termasuk Toyohisa, kemudian dikenal sebagai "Drifters" berusaha untuk menghentikan rencana "Ends", yaitu orang - orang seperti Drifters, yang berusaha memusnahkan umat manusia di dunia tersebut.
Action keras penuh dengan darah. Kalo kamu bosan dengan pertarungan yang “lembut – lembut”, maka Drifters menjadi ekspetasi terbesarmu. Hebatnya dari anime ini adalah mereka mampu memadukan selipan komedi dengan timing yang tepat di balik alur ceritanya yang serius. Ceritanya juga yang tidak membosankan dan grafis yang tidak mengecewakan, sangat direkomendasikan untuk ditonton.   


3. Bungou Stray Dogs S2


Image result for bungou stray dogs season 2

Genres : Mystery, Supernatural, Seinen

Sekuel dari seri Bungou Stray Dogs sebelumnya. Di sekuelnya kali ini disisipkan beberapa episode menceritakan masa lalu dari Dazai Osami ketika dia masih menjadi salah satu anggota Port Mafia dan memiliki dua teman baik. Selain itu, diceritakan juga Kyouka yang akhirnya bekerja di Armed Detective Agency dan menghadapi tantangan – tantangan baru.
New characters and new story. Tambahan karakter membuat cerita yang baru. Dan yang paling menarik adalah misteri mengenai masa lalu Dazai akhirnya terungkap. Dan yang menarik lagi adalah melihat duo Atsushi-Ryuunosuke yang awalnya adalah musuh bebuyutan akhirnya bekerjasama di penghujung episode.


2. Hibike! Euphonium S2


Related image

Genres : Music, Drama, School

Seri sekuel dari anime sebelumnya, Hibike! Euphonium melanjutkan cerita ketika akhirnya band orkestra Kitauji lolos kualifikasi dan meneruskan latihan mereka untuk mendapatkan penghargaan emas di Kompetisi Kansai. Namun, permasalahan terjadi ketika mantan anggota band Kitauji yang dulunya keluar, ingin kembali masuk ke anggota band. Hal itu memicu kembali kenangan yang tidak menyenangkan dari anggota band Kitauji, terutama pada angkatan kelas 2.
Drama semakin memuncak, cerita semakin membuat penasaran, ternyata perjuangan berat dari band Kitauji masih belum selesai. Di seri ini juga terungkap rahasia Tanaka Asuka dan masa lalu dari guru pembimbing mereka, Taki Noboru dan juga konflik antara Kumiko dengan kakaknya. Cerita menjadi semakin menarik dan pemberian anti-klimaks yang bagus, sehingga cerita terkemas dengan baik. Bodo ah, ngeliat duo Kumiko-Reina kembali aja saya sudah senang, yah meski agak ragu hati saat ngeliat ship Kumiko-Shuuichi. 


1. Haikyuu!! - Karasuno Koukou VS Shiratorizawa Gakuen Koukou


Image result for haikyuu karasuno vs shiratorizawa

Genres : Comedy, Sports, Drama, School, Shounen

Haikyuu!! - Karasuno Koukou VS Shiratorizawa Gakuen Koukou adalah sekuel dari seri Haikyuu!! sebelumnya dimana akhirnya mereka bisa bertanding dengan salah satu tim voli sekolah terkuat, Shiratorizawa, di babak final. Motivasi terkuat Hinata dan Kageyama adalah untuk bisa mengalahkan ace dari Shiratorizawa, Wakatoshi dan memenangkan babak final ini bersama dengan tim andalan mereka.
Satu kata yang saya bisa berikan : epic. 10 episode full menampilkan sengitnya pertarungan Karasuno dan Shiratorizawa. Tidak ada kata “buang – buang waktu” atau “ngelama-lamain episode” karena pada dasarnya kamu selalu dibuat penasaran akan tiap episode lanjutannya. Apalagi melihat Tsukishima Kei yang akhirnya benar – benar serius bertanding. Well, rasanya beberapa anime dengan genre sports seperti ini emang selalu memberikan kesan seperti itu yah.




Ditunggu lagi post selanjutnya ya..! Seri - seri di atas belum mencakup anime favoritmu? Yuk, bahas di komentar..!

Ditulis Oleh : Rinaldo Irawan // 03.00
Kategori: