Mob Psycho 100 [Review]



Tutturu~ Welcome back, guys ! Post kali ini saya mau ngereview anime yang baru - baru aja ane liat. Apaan tuh? Yak, Mob Pscyho 100. Kalo jujur sih, entah kenapa saya sendiri sebenarnya tidak terlalu hyper untuk anime yg satu ini. Tapi kalo buat ngisi waktu luang ya boleh lah. Lagian ini anime juga engga jelek - jelek amet kok.


Bagi yg belum liat animenya silahkan dibaca dulu sinopsisnya :

Mob Psycho 100

Genre : Action, Slice of Life, Comedy, Supernatural

Kageyama Shigeo a.k.a Mob adalah anak SMP yang memiliki kekuatan psikis atau biasa disebut esper. Walaupun dia seorang esper, tetapi dia lemah baik di fisik maupun akademik. Dia dibimbing oleh Arataka Reigen, yang ngaku - ngaku memiliki kekuatan roh juga mentor tempat dia bekerja sampingan. Dia juga yang mengajarkan ke Mob kalau kekuatan psikis itu tidak boleh sembarangan digunakan, apalagi terhadap manusia. Mob pun menjalani hari - harinya dengan memikirkan akan jadi apa dia kedepannya dengan kekuatan psikis tersebut. 



Entah kenapa ketika pertama kali saya liat Mob, tiba - tiba saya teringat dengan Tuan "Satu Pukulan" yang wajahnya rada - rada polos bego gimana gitu, lol. Kesamaan mereka selain itu adalah, mereka mempunyai kekuatan yang bukan main gilanya. Mob sendiri sering diremehkan oleh beberapa orang bahkan oleh roh karena penampilannya. Dibalik fisiknya yang lemah, ternyata dia memiliki kekuatan psikis yang mengerikan. Wah, rada mirip Saitama gitu ya...Ya, bedanya di fisik mereka sih...


what an innocent face..

Dari segi cerita, Mob Psycho 100 memiliki alur cerita yang menarik. Di setiap episodenya selalu disajikan lawakan beserta action yang dipadukan dengan baik (ngomong apaan sih ini orang..). Apalagi setiap karakter diberi sifat - sifat yang unik nan aneh. Dan sifat - sifat aneh tersebut didukung oleh art dari setiap karakter yang... begitulah... Misalnya aja Mob sendiri yang polos, lugu, mudah gugup dan mudah ditipu atau gurunya sendiri, Reigen, si penipu ulung yang memanfaatkan Mob demi dia sendiri, pintar tapi juga licik. Meskipun alur cerita dari anime ini terkesan datar, namun layaknya seperti anime - anime action biasanya, terdapat beberapa episode yang memiliki klimaks cerita tersendiri. Contohnya, ketika scene dimana luapan emosi dari Mob sendiri sudah mencapai batas mengakibatkan hancurnya area disekitarnya atau ketika adik dari Mob, Ritsu yang dicuri oleh Organisasi Besar, Tsume. Dan di beberapa episode pasti dipertemukannya Mob dengan lawan - lawan yang semakin tangguh meskipun ternyata masi belum bisa membuat Mob benar - benar terkalahkan (imba juga nih orang..). Yang menarik adalah apabila Mob mendapakan beberapa hal yang tidak menyenangkan baginya dan itu membuatnya marah atau kesal, maka akan ada scene tampilan persentase yang menunjukkan tingkat kemarahan Mob. Apabila persentase itu mencapai 100%, maka disitulah Mob akan benar - benar menjadi orang yang berbeda dan tanpa sadar mengeluarkan seluruh kekuatannya yang benar - benar mengerikan. Oh iya, di anime ini sama sekali tidak ada unsur romance atau sejenisnya, anime ini benar - benar murni menceritakan kekuatan supernatural dan pembasmian roh - roh. Jadi, yg ngarep mau nonton animenya demi genre gituan, mending mikir - mikir lagi deh.. 

just don't make him angry...

Dari segi grafis, well, bisa dilihat sendiri ya... Anime ini memiliki art character dan grafis yang terbilang cukup... unik. Benar - benar tidak ada unsur moe, kawai, dsb. Berhubung mungkin karena mereka ingin menonjolkan genre komedinya sehingga art character dibuat sedemikian rupa. Bahkan karakter utama sendiri jauh dari kata "ganteng". Yah, mungkin karena satu creator kali yah dengan One Punch Man. Meskipun begitu, anime ini disuguhi battle/fight scene yang bener - bener menarik. Apalagi ketika masing - masing karakter mengeluarkan kekuatan - kekuatan unik mereka. Art character dari roh - roh jahat juga keren. Kapan lagi bisa ngakak hanya dengan liat karakter - karakter yang unik, lol. 

butt-chin face ? Seriously ? 

Setidaknya masih ada Tsubomi yang masih bisa dipandang, lol.


at least, they have Tsubomi here...

Secara overall, anime ini cukup menarik dibumbui dengan grafis yang unik dan terkesan khas. Meskipun saya rasa entah mengapa masih lebih menarik One Punch Man dibanding anime ini, namun anime ini masih patut diperhitungkan buat ditonton, apalagi bagi penggemar genre action dengan superpower gitu. Tapi, bagi yang pengennya nonton dengan kualitas grafis yang bagus, engga disarankan ya. Gimana menurutmu? Atau ada yang mau nambahin? Yuk, bahas di komentar. 

Ditulis Oleh : Rinaldo Irawan // 11.24
Kategori: